Telusuri

Senin, 03 Agustus 2009

Berbagai manfaat tumbuhan, sayuran, dan buah-buahan bagi tubuh kita

Apel

Di dalam buah apel terdapat kandungan pektin, garam mineral. Senyawa pektin ini mampu menurunkan kadar kolestol dalam tubuh. Buah ini mempunyai manfaat bagi tubuh kita, antara lain:

1. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru. Karena dalam sebuah penelitian di AS, zat flavonoid yang berada di buah apel ini dapat menurunkan resiko kanker paru-paru hingga 50%, dan zat fitokimia dalam kulit buah apel menghambat pertumbuhan kanker usus.

2. Menjaga kesehatan gigi. Apel juga mengandung zat Tanin yang dapat bermanfaat mencegah kerusakan gigi.

3. Menurunkan berat badan. Apel sering digunakan oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet. Karena apel mempunyai kadar seratnya yang tinggi, sehingga bisa mencegah rasa lapar datang lebih cepat.

4. Melindungi tubuh dari virus Flu. Sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat mengkonsumsi sari apel tersebut.

5. Menurunkan kadar kolestrol.

Alpukat

Buah ini banyak mengandung kalori, minyak, dan lemak yang dapat menjadi sumber energi yang di butuhkan pada saat puasa. Juga dapat mengurangi kadar kolestrol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tetapi juga daunnya. Para peneliti dari salah satu universitas di Jepang, menemukan manfaat yang terkandung dalam buah ini. Antara lain mengurangi kerusakan hati, termasuk juga kerusakan akibat virus hepatitis.

Belimbing

Memakan buah belimbing dapat mencegah dan mengatasi infeksi yang sering terjadi di dalam mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat mencegah dan mengatasi penyakit kencing batu. Selain itu , jus belimbing juga dapat mengatasi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi.

Blewah

Blewah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bagi orang yang menjalankan puasa. Fruktosa dan glukosa yang terkandung dalam buah-buahan merupakan gula sederhana. Blewah juga baik untuk mengusir asam urat, memelihara kesehatan jantung,paru-paru,pembuluh darah & penderita diabetes juga obesitas. Blewah merupakan sumber vitamin A dan betakaroten yang sangat baik. Kandungan betakaroten pada buah blewah merupakan jenis antioksidan yang dapat berperan penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kandungan vitamin A yang tinggi pada blewah membuat buah ini baik bagi perokok aktif maupun pasif. Selain vitamin A, buah blewah juga kaya akan vitamin C & vitamin B6. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

Brokoli

Brokoli termasuk dalam jenis sayuran(bunga). Brokoli merupakan antioksidan yang tepat bagi tubuh. Kandungan yang ada di dalam brokoli adalah Karotenoid, Sulforaphane, Pro Vitamin A, Seng, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium & Zat Besi. Sayuran ini mampu menjaga keseimbangan keadaan di dalam usus besar (kolon),mencegah terjadinya kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, kanker paru, kanker perut, kanker rahim, kanker mulut, & menyembuhkan anemia.

Delima

Buah delima yang sudah dibuat menjadi jus dan dibuat sebagai obat kumur-kumur sebelum diminum dapat membersihkan mulut dan gigi, serta dapat menghilangkan bau mulut. Manfaat lainnya adalah untuk membunuh cacing gelang, cacing kremi, dan cacing pita.

Jeruk

Buah yang berwarna kuning ke hijauan ini banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, dapat menghilangkan sumbatan lendir di dalam tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut, serta mengilangkan rasa sakit di dalam tubuh akibat influenza. Bagi penderita maag / yang mempunyai gangguan lambung agar tidak memilih buah jeruk yang terlalu masam dan tidak berlebihan mengkonsumsi buah ini.


Kelengkeng


Buah satu ini tentu tidak asing lagi bagi kita dan cukup disukai masyarakat Indonesia. Bentuknya yang kecil, bulat, rasanya yang manis dan menyegarkan ini bisa membuat orang ketagihan. Kandungan yang terdapat dalam buah ini adalah sukrosa, fruktosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan syaraf. Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung yang berdebar keras. Buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga. Karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina setelah sakit. Karena buah lengkeng juga mengandung serat, buah ini berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan proses buang air kecil dan air besar, mengatasi penyakit cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan, hernia, mencegah pemutihan rambut dini, dan selain itu bisa mempercepat kesembuhan luka luar. Hati-hati, lengkeng juga memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi & membuat badan menjadi panas akibat kelebihan energi. Sehingga orang bisa mabuk kalau terlalu banyak mengonsumsinya. Sebenarnya kadar alkohol ini ada jika lengkeng sudah matang. Karena kadar alkohol tersebut, buah lengkeng memiliki sifat hangat, tetapi tidak mengandung racun.

Kelapa

Air kelapa mengandung banyak mineral dan vitamin yang berguna bagi tubuh. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta membersihkan ginjal. Meminum air kelapa muda juga dapat membuang racun di dalam darah. Awas, terlalu banyak minum air kelapa muda juga bisa menyebabkan sedikit rasa lemas sementara.

Leci

Leci mengandung sukrosa dan glukosa yang sangat banyak, selain itu juga terdapat lemak, protein, vitamin C, fosfor, dan zat besi. Buah leci baik di konsumsi pada malam hari karena dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

Lidah buaya

Lidah buaya (aloe vera), tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti asama amino, enzim, mineral, vitamin, polisakaridan , dan komponen lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang menyuburkan rambut, memproduksi & memperbaiki kesehatan kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda. Lidah Buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik. .

Mangga

Mangga tergolong kelompok buah berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa yang beraneka ragam. Dari segi gizi, mangga tidak jauh berbeda, mengandung vitamin C,karoten dan flanovid yang berfungsi sebagai antioksidan , salah satunya adalah mencegah kanker. Mangga mengandung gula sedikit asam. Sejumlah asam galat itu baik bagi isi saluran pencernaan dan sangat baik untuk desinfektan tubuh sehingga melindungi tubuh dari serangan infeksi .mangga pun dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan.

Nanas

Buah ini mempunyai berbagai macam manfaat sebagai pembersih tubuh dan penyembuh, dan berbagai manfaat lainnya. Nanas mengandung banyak serat yang berguna untuk memproses pencernaan, menurunkan kolestrol dalam darah, dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Nanas juga mengandung asam chlorogen, vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Cystine dalam nanas yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita, membentuk formasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini. Dalam mengkonsumsi nanas, ada sebagian orang yang alergi. Dalam kasus alergi serius, bibir dan mulut dapat menjadi bengkak setelah mengkonsumsi nanas. Selain itu nanas juga dapat menyebabkan diare atau mual pada sebagian orang. Hal ini dapat terjadi jika orang yang alergi terhadap nanas mengkonsumsi nanas dalam jumlah besar.

Pear

Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Salah satu buah yang tinggi kandungan airnya adalah buah pir, dan buah ini juga mengandung serat yang tinggi. Buah pir juga menjadi salah satu buah yang dapat menahan reaksi alergi terhadap suatu makanan. Oleh sebab itu, pir sangat bermanfaat bagi mereka yang alergi terhadap makanan. Buah pir kaya akan gizi, selain sebagai antikanker, juga bersifat sebagai antibakteri yang artinya dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Semangka

Kadang kita sering berlebihan mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah.

Tomat

Buah berbentuk bulat & berwarna merah ini dapat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Mengkonsumsi tomat secara teratur juga dapat membantu mengobati penyakit anoreksia ( kehilangan nafsu makan ).
Manfaat & Khasiat Habatussauda(Jinten Hitam) Utk Segala Penyakit !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar